BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

BI: Peningkatan Aktivitas Pariwisata Momentum Pemulihan Ekonomi Bali

‘Obrolan Santai BI Bareng Media (OSBIM)’, Badung, Kamis (27/4/2023).
banner 120x600

Badung (terasbalinews.com). Investasi dan konsumsi pemerintah tumbuh signifikan. Dari sisi pengeluaran, berlanjutnya pemulihan ekonomi terutama bersumber dari terjaganya konsumsi rumah tangga seiring peningkatan daya beli masyarakat di tengah pemulihan aktivitas pariwisata. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Bali Trisno Nugroho, di acara ‘Obrolan Santai BI Bareng Media (OSBIM)’, Badung, Kamis (27/4/2023).

Menurutnya, peningkatan aktivitas pariwisata menjadi momentum pemulihan ekonomi Bali yang meningkat signifikan pada triwulan IV 2022 yang tumbuh sebesar 6,61% (yoy), sehingga secara keseluruhan tahun 2022 tumbuh sebesar 4,84%.

“Peningkatan aktivitas pariwisata menjadi momentum pemulihan ekonomi Bali yang meningkat signifikan pada triwulan IV 2022 yang tumbuh sebesar 6,61% (yoy), sehingga secara keseluruhan tahun 2022 tumbuh sebesar 4,84%,” ucap Trisno Nugroho yang dalam kesempatan ini didampingi Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali IGA Diah Utari dan Deputi Direktur BI Provinsi Bali Wahyu Ari Wibowo serta Andy Setyo Biwado.

Secara ranking nasional, Bali naik ke posisi 24 sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi pada tahun 2022, setelah sebelumnya menempati posisi terakhir pada 2021.

“Struktur ekonomi Bali telah berubah sebagai akibat dari pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Peningkatan kinerja pariwisata Bali terutama didorong dampak penyelenggaraan KTT G20 Presidensi Indonesia, pelaksanaan berbagai acara strategis, libur akhir tahun, dan penambahan jumlah penerbangan langsung maskapai internasional ke Bali.

Pertumbuhan ekonomi Bali tahun 2023 diprakirakan berada pada batas atas range 4,5-5,3%, lebih tinggi dibandingkan realisasi tahun 2022 sebesar 4,84%. Menguatnya pertumbuhan ekonomi terutama didorong oleh berlanjutnya pemulihan pariwisata, penyelenggaraan event nasional dan internasional, dukungan pembiayaan, perluasan digitalisasi, dan pembangunan proyek infrastruktur,” tandasnya.

Bali juga mendapatkan kelimpahan kunjungan wisatawan domestik pada momen Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri. Kondisi itu memicu keyakinan percepatan pemulihan ekonomi pariwisata di Bali.

Berdasar data, puncak kedatangan wisatawan domestik melalui Bandara Ngurah Rai terjadi pada tanggal 20 April 2023 sebanyak 21.314 orang dan 21 April 2023 sebanyak 21.225 orang. Di kuartal pertama tahun 2023, hingga 24 April, jumlah kunjungan wisatawan domestik sebanyak 1,30 juta orang.

Berlanjutnya pemulihan ekonomi terutama bersumber dari terjaganya konsumsi rumah tangga seiring peningkatan daya beli masyarakat di tengah pemulihan aktivitas pariwisata, kemudian kenaikan yang signifikan pada investasi dan konsumsi pemerintah sejalan dengan berlanjutnya beberapa proyek pembangunan pemerintah dan swasta,serta realisasi belanja akhir tahun.

Selanjutnya, kenaikan yang signifikan pada investasi dan konsumsi pemerintah sejalan dengan berlanjutnya beberapa proyek pembangunan pemerintah dan swasta serta realisasi belanja akhir tahun.

“Berdasarkan nilai PDRB, ekonomi Bali masih perlu tumbuh sekitar 3,24% untuk kembali ke level normal sebelum pandemi,” pungkasnya. (yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *