BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

BJCW 2023 Ajang Pemberdayaan dan Pengembangan Sektor Riil

Event BJCW yang digelar Bank Indonesia di  Mall Living World, Denpasar, Jumat (15/9/2023). (foto/tbn)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, R. Erwin Soeriadimadja, mengatakan Bank Indonesia secara berkelanjutan terus mendorong tercapainya  pertumbuhan ekonomi yang stabil didukung dengan stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan yang baik. Hal ini disampaikan Erwin disela-sela kegiatan Bali Jagadhita Culture Week (BJCW) tahun 2023 pelaksanaannya telah mencapai tahun ke-4. Dimana, katanya event tahunan yang dilaksanakan sejak tahun 2020 ini merupakan upaya pemberdayaan sektor riil khususnya melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).  Event BJCW digelar Bank Indonesia di  Mall Living World, Denpasar, Jumat (15/9/2023) dengan melibatkan 69 UMKM.

“Selain menghadirkan UMKM binaan BI, kegiatan Bali Jagadhita Culture Week tahun ini menghadirkan Workshop, Talk Show, Pasar Murah, Fashion Show dan beragam lomba. Semoga kegiatan ini dapat mendukung UMKM tumbuh lebih cepat dan terus melaju,” ujarnya.

Event BJCW 2023 kali ini mengusung tema “Amerta Bhuana Lestari Bagia” yang bermakna menjaga alam lestari sebagai sumber kehidupan manusia. Karena itu adalah visi dalam mewujudkan kebahagiaan hidup manusia. Hadir dalam kegiatan ini Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra dan Ketua PHRI Provinsi Bali, Cok Ace, Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB dan NTT, OPD Provinsi Bali serta stake holder terkait.

Sementara itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga yang hadir dalam gelaran ini menyampaikan perlunya kolaborasi dalam mendorong majunya UMKM, dalam konteks pemberdayaan perempuan tentunya.

“BI tidak hanya wacana, namun melalui komitmen BI implementasi bangga buatan Indonesia, bangga berwisata telah dilakukan. Hal ini ditandai dengan adanya kerjasama dengan pelaku desa wisata dan UMKM,” tuturnya.

Diungkapkan Menteri Bintang, terkadang dalam menjalankan tugas, pihaknya dibatasi dengan tugas dan fungsi, jadi tak salah jika dikatakan kekuatan pihaknya ada pada sinergi dan kolaborasi.

“Ketika turun ke beberapa daerah saya selalu sampaikan mohon bantuan dari gubernur bupati/walikota untuk program pemberdayaan perempuan dan anak,” katanya.

Sedangkan Anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, SE, MM., menyampaikan kualitas UMKM binaan Bank Indonesia tidak bisa dipungkiri keandalannya, karena mereka adalah pilihan-pilihan yang selama ini telah dibimbing oleh Bank Indonesia. Tak salah jika dirinya ungkapkan pembinaan dan pendampingan BI bagi UMKM “seken-seken, saja-saja, beneh-beneh”.

“Bukan berarti UMKM hanya dibina sekali, lantas dibiarkan. Bukan itu yang terjadi pada UMKM binaan Bank Indonesia,” ucapnya, seraya menyampaikan terima kasih atas dukungan Bank Indonesia selama ini. (yak)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *