BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Dispar Bali Klaim Baru 40 Persen yang Bayar Pungutan Wisman

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali Tjokorda Bagus Pemayun. (Foto/nan)
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali Tjokorda Bagus Pemayun. (Foto/nan)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bali, Tjokorda Bagus Pemayun, tak menampik ada turis asing yang tidak membayar pungutan wisatawan mancanegara (wisman).

Ia mencatat, saat ini baru ada 40 persen yang baru membayar sejak regulasi tersebut ditetapkan pada 14 Februari 2024 lalu.

“Yang baru masuk ini sekarang, yang baru bayar kira-kira hampir 40 persen, baru 40 persen yang membayar ya,” kata Tjok Pemayun, Kamis (20/6/2024).

Tjok Pemayun menjelaskan, belum optimalnya pembayaran pungutan wisman karena tidak adanya alat auto scanner gate di bandara yang awalnya direncanakan untuk dipasang.

“Awalnya kan di Pergub 36 itu kan memasang alat auto scanner gate, sehingga tidak ada wisatawan akan keluar dari bandara itu tidak membayar,” ujarnya.

“Kecuali dia mengisi exception tidak membayar pengecualian seperti kru pesawat dan yang punya kitab-kitab diplomatik dan sebagainya. Kita hanya mengenakan yang mempunyai visa leisure,” imbuh pria asal Gianyar tersebut.

Kendati demikian, Tjok Pemayun mengklaim pemasangan alat autoscanner tidak bisa memungkinkan dipasang di bandara karena tidak ada lahan tersedia.

“Nah tentu ini menjadi catatan kita kemarin, jadi kita revisi itu menjadi Pergub 2 Tahun 2024,” jelas Tjok Pemayun.

Lebih jauh, Tjok Pemayun menjelaskan, sejauh ini dana pungutan wisman yang terkumpul telah mencapai Rp 124 miliar lebih.

“Itu masuk ke kas daerah langsung bukan ke Dispar,” timpalnya. (nan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *