BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

LSPR Institute dukung Pengembangan Desa Wisata Edukatif 

Inovasi Pembuatan Web Virtual Tour dan Aplikasi Pintar Agrowisata Desa Sedang, Bali

Kelompok Dosen LSPR Institute of Communication and Business memperoleh Dana Hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM). (foto/ist)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Kelompok Dosen LSPR Institute of Communication and Business memperoleh Dana Hibah Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) guna mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Dana Hibah ini diperuntukan kepada salah satu Desa yang terdapat di Bali yakni Desa Sedang, Abiansemal, Badung.

Desa Sedang merupakan salah satu Desa yang tengah berkembang di Kabupaten Badung yang memiliki potensi untuk diajukan menjadi Desa Wisata.

Potensi Desa Sedang didominasi oleh kekayaan alam, kesenian dan wisata religi yang terdiri dari adanya Cagar Budaya Pura Dalem Solo, Sumber mata air yang disucikan, Objek wisata Puri (Kerajaaan leluhur pendahulu).

Kekayaan alam yang dimiliki adalah persawahan asri yang saat ini digunakan sebagai jogging track, wahana permainan ATV, tempat membudidayakan tanaman seperti pacar warni dan sejenisnya yang tentunya mendatangkan keuntungan dalam segi perekonomian bagi Desa Sedang.

Demikian juga dengan adanya peninggalan arkeologi, kehidupan sosial masyarakat dan budaya yang berkembang di Desa Sedang, akan memberikan nuansa tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung ke Desa Sedang.

Namun di tengah potensi yang dimiliki, kurangnya skill SDM dalam melakukan promosi Desa menjadi salah satu hambatan untuk membuat Desa Sedang dikenal oleh banyak orang.

Oleh sebab itu, LSPR Institute menginisiasi pengabdian masyarakat dengan judul “Pengembangan Desa Wisata Edukatid berbasis Web Virtual Tour Experience dan Aplikasi Pintar”. Progam pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari beberapa aktifitas yang meliputi pengambilan konten foto dan video promosi, pembuatan paket wisata Desa, pembuatan web virtual tour experience, aplikasi pintar serta mengadakan pelatihan softskills terhadap perangkat desa yang terdiri dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan UMKM di Desa Sedang terkait penggunaan web virtual tour dan aplikasi pintar yang telah disiapkan.

Pengabdian kepada masyarakat di Desa Sedang ini dilakukan oleh kelompok Dosen LSPR Institute yang diketuai oleh Jati Paras Ayu dan Anggota yang terdiri dari Rani Chandra Oktaviani dan A A Istri Putri Dwijayanti. Ms. Jati selaku Ketua Pengabdian Masyarakat, Sabtu (11/11/2023).

Dana Hibah yang diperoleh dari DRTPM dimaksimalkan untuk mendukung Desa Sedang dalam segi upaya promosi digital dari pembuatan kontennya, paket wisata serta inovasi menarik dalam bentuk virtual tour yang terintegrasi dengan website serta aplikasi pintar yang terintegrasi dengan media sosial Desa Sedang. Sehingga pada akhirnya upaya ini secara tidak langsung dapat mendukung kemajuan SDM dan juga perekonomian dari Desa Sedang itu sendiri. Program ini juga mendapatkan respon baik dari pihak Desa Sedang,

“Terimakasih banyak kepada LSPR Institute yang telah mendukung Desa kami dan memberikan edukasi terbaik agar kualitas SDM kami meningkat sehingga Desa Sedang bisa semakin maju. Kami sangat merasa terbantu dengan adanya dana Hibah ini untuk bisa membawa Desa kami menuju Desa Wisata yang juga melek akan perkembangan digital,” ujar Ngurah Suarnawa selaku Sekretaris Desa Sedang, Abiansemal, Badung. (*/yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *