BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

PWI: Ayo Daftarkan Dirimu di Ajang Anugerah Jurnalistik Adinegoro

PWI: Anugerah Jurnalistik Adinegoro. (foto/ist)
banner 120x600

JAKARTA (terasbalinews.com). Sukses menggelar Kongres ke-25 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Bandung (25-27 September 2023), Ketua Umum PWI terpilih, Hendry Ch Bangun mengumumkan akan mengutamakan bidang pendidikan sebagai program PWI. Selain mendukung Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai program pendidikan, PWI juga mendukung Anugerah Jurnalistik Adinegoro, yang sekarang sedang dalam proses penerimaan karya.

Seperti diketahui kehadiran Anugerah Jurnalistik Adinegoro mencuat ke permukaan sejak kepemimpinan Margiono dan Hendry Ch.Bangun (2008-2013 dan 2013-2018).

“Anugerah Jurnalistik Adinegoro merupakan apresiasi PWI untuk masyarakat pers yang bekerja dengan semangat profesionalisme. Sebagaimana anugerah olah raga dan anugerah kebudayaan,“ ujar Ketua Umum PWI, Hendry Ch Bangun, Jumat (6/10/2023).

Dalam siaran persnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menyelenggarakan Anugrah Jurnalistik Adinegoro, yang merupakan penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik Indonesia.

Tema Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023 adalah “Merawat Semangat Kebangsaan dan Demokrasi”. Seluruhnya ada tujuh (7) kategori Anugerah Jurnalistik Adinegoro dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp245 juta.

Kategori Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023:
1.Liputan Berkedalaman (indepth reporting) untuk media cetak (AA1)
2.Liputan Berkedalaman (indepth reporting) untuk media siber (AA2)
3.Liputan Berkedalaman (indepth reporting) untuk media televisi (AA3)
4.Liputan Berkedalaman (indepth reporting) untuk media radio (AA4)
5.Karya Foto Jurnalistik untuk Media Cetak dan Media Siber (AA5)
6.Karya Karikatur Opini untuk Media Cetak dan Media Siber (AA6)
7.Karya Jurnalistik Video Media Sosial (AA7)

Jangan lupa, karya yang dikirim- baik media cetak, media siber, media televisi, media radio, maupun video media sosial-tidak bersambung/tidak berseri.
Alamat kirim: https://s.id/ ADINEGORO 2023. Batas waktu pengiriman naskah:
Tanggal 30 November 2023, pukul 23.59 WIB.

Catatan tentang Tema:Tema “Merawat Semangat Kebangsaan dan Demokrasi” diangkat dari kutipan Adinegoro pada 1953. Sebagaimana diketahui, Adinegoro yang bernama lengkap Djamaluddin Gelar Datuk Maradjo Sutan, dikenal sebagai perintis jurnalistik Indonesia.
Tulisan-tulisan Adinegoro, yang beredar pada era 1950-an, banyak menekankan pentingnya merawat semangat kebangsaan dan demokrasi. Sebuah tema yang tetap relevan dengan persoalan bangsa hingga sekarang.

Sebagai catatan, panitia mengharapkan, tema “Merawat Semangat Kebangsaan dan Demokrasi” tidak harus dikaitkan dengan masalah politik. Banyak bidang lain yang juga relevan dengan tema tersebut.

Peserta dan Juri

Para peserta dinilai berdasarkan karya-karya yang sudah dipublikasikan, ditayangkan, atau disiarkan di media cetak, media siber, media televisi, media radio, atau media video media sosial periode 1 Desember 2022 hingga 30 November 2023.

Pengiriman naskah sudah dibuka sejak 1 Oktober 2023 dan ditutup pada 30 November 2023. Penjurian berlangsung pada bulan Desember dengan dewan juri terdiri atas tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesuai kriteria penilaian dan bekerja secara profesional.

Hadiah

Sebagaimana disebutkan di atas, pemenang untuk setiap kategori akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 35 juta.

“Kami harapkan kalangan jurnalis Indonesia berpartisipasi dan ikut serta dalam penghargaan bergengsi ini tanpa melupakan Kode Etik Jurnalistik,“ ujar Rita Sri Hastuti, Ketua Panitia Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023.
Diharapkan seluruh media massa di Tanah Air- cetak, daring, televisi, radio- mengimbau wartawannya agar menjadi peserta Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023. (*/tbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *