BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

SMSI Provinsi Bali Gandeng RS Puri Raharja Gelar Layanan Kesehatan

Layanan kesehatan RS Puri Raharja bersama SMSI Provinsi Bali. (foto/ist)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali  kembali menggelar bakti sosial pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat dengan menggandeng RS Puri Raharja. Kegiatan itu digelar secara maraton serangkaian pelantikan pengurus SMSI periode 2023-2028, Minggu (24/9/2023) di lapangan Renon, Denpasar.

Pemeriksaan kesehatan gratis bersama RSU Puri Raharja meliputi, pemeriksaan tensi darah, gula darah dan pemeriksaan kolesterol. Kegiatan itu juga dirangkai dengan senam lansia yang digelar di Lapangan Puputan Renon, Denpasar.

Direktur RSU Puri Raharja dr. Gede Bagus Darmayasa, MM.M.Repro. mengatakan, checkup kesehatan sangat penting dilakukan oleh masyarakat untuk memahami metabolisme tubuh dan gangguan yang terjadi.

Ia menyarankan, pemeriksaan kesehatan setidaknya dilakukan setahun sekali atau 6 bulan sekali. Sehingga, jika ada gangguan kesehatan dapat ditangani sejak dini.

“Kolesterol salah satu penyebab penyakit serius, karena bisa merembet ke ginjal sehingga akan menimbulkan efek samping yang tidak baik,” kata dr. Bagus, Minggu, 24 September 2023.

Dengan pelayanan kesehatan cuma-cuma di tempat publik, akan memberikan kemudahan untuk masyarakat untuk mengakses layanan lebih mudah dan cepat. Menurutnya, masyarakat dengan segala kesibukannya bisa jadi memiliki sedikit waktu untuk memperhatikan kesehatannya.

“Nah, di sini kita fasilitasi checkup kesehatan gratis untuk semua masyarakat yang tengah beraktifitas olahraga di lapangan Renon,” kata dr. Bagus.

Di usia di atas 40 tahun, kondisi kesehatan akan lebih mudah rentan terganggu di tengah tekanan pekerjaan yang tinggi. Ia juga mengingatkan dan mengimbau, profesi dengan tekanan pekerjaan tinggi seperti wartawan, harus lebih memperhatikan faktor kesehatannya.

“Kadang-kadang lupa menjaga kesehatan. Seperti teman-teman wartawan harus menyelesaikan deadline sampai malam bisa berpengaruh terhadap gangguan organ dalam misalnya, Hepatitis, tiba-tiba saja sudah muncul tanda-tanya penyakit, itu yang harus dijaga,” saran dr. Bagus.

Dalam kegiatan itu, RSU Puri Raharja menyiapkan pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah dan pemeriksaan kolesterol. Dalam waktu sekitar 2 jam pelaksanaan, 439 orang mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan itu.

Pada pemeriksaan kesehatan ini, keluhan yang umum dirasakan masyarakat adalah tekanan darah tinggi dan kadar gula darah. Beberapa pasien juga ada yang dirujuk untuk pemeriksaan mendalam karena tensi dan gula darah yang melebihi ambang batas normal. (*/yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *