BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Teguh Dwi Sebut UMKM Ujung Tombak Tumbuhnya Kesejahteraan Masyarakat

Salah satu UMKM Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Bali. (foto/ist)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Kepala Kantor Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, sekaligus sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Bali, Teguh Dwi Nugroho , mengungkapkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia mencapai 61 %.

“Kita belajar dari kondisi Covid-19 lalu, banyak usaha-usaha terpuruk, namun semangat UMKM untuk bangkit tetap ada,” ucap Teguh, Kamis (22/6/2023). Menurutnya ungkapan itulah yang sangat dekat dengan kondisi Nagara ini saat virus covid 19 melanda dunia dan Indonesia khususnya .di tahun 2020 s.d 2022.

“UMKM merupakan ujung tombak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan cepat,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan salah satu dari bentuk upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dari PEN tersebut ada beberapa subsidi yang diberikan, dan yang tidak kalah luar biasanya dimana pemerintah mengimbau beberapa instansi pemerintah untuk dapat membantu Pemberdayaan UMKM.

Berangkat darisini lantas pemerintah bekerjasama dengan lembaga keuangan Penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun Lembaga Keuangan Bukan Bank, Penyalur UMi mengajak beberapa UMKM untuk turut serta dalam kegiatan showcase ataupun Expo UMKM yang diadakan setiap bulan sekali.

“Khususnya di Kementerian Keuangan melalui Kemenkeu Satu diharapkan dari masing-masing direktorat memiliki beberapa UMKM binaan,” cetusnya.

Hal ini nampak saat dilaksanakan pada awal bulan Mei 2023, Kemenkeu Satu Perwakilan Provinsi Bali secara bersama sama melakukan upaya Pemberdayaan UMKM melalui kegiatan Expo UMKM dengan PIC Bidang PPA II Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali. Dari acara tersebut, kami mengundang 20 UMKM dari binaan masing-masing Direktorat untuk dapat turut serta dalam menjual hasil produksinya,”tuturnya.

Tidak sampai disitu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat , terutama untuk meningkatkan UMKM, pihaknya beberapa kali mengadakan pelatihan untuk meningkatkan SDM pengelola UMKM dan memberikan peluang kepada UMKM untuk memamerkan hasil produksinya pada setiap event baik berskala nasional maupun internasional. (yak)

 

#Inspirasi
#umkmbangkit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *