BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Bupati Suwirta Hadiri Acara Pasobyahan Awig-awig Desa Adat Kutapang, Nusa Penida

Bupati Suwirta saat hadiri acara Pasobyahan Awig-awig Desa Adat Kutapang, Desa Batununggul, di Bale Desa Adat Kutapang, Kecamatan Nusa Penida, Minggu (13/8/2023). (foto/ist)
banner 120x600

SEMARAPURA (terasbalinews.com). Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyaksikan acara Pasobyahan Awig-awig Desa Adat Kutapang, Desa Batununggul, di Bale Desa Adat Kutapang, Kecamatan Nusa Penida, Minggu (13/8/2023). Turut hadir, Bendesa Madya Majelis Desa Adat (MDA) Klungkung Dewa Made Tirta, Camat Nusa Penida Kadek Yoga Kusuma dan undangan terkait lainya.

Bupati Suwirta dalam arahannya mengingatkan, setelah awig-awig selesai direvisi, maka seluruh warga wajib untuk mentaatinya dan harus disosialisasikan serta diimplementasikan kepada masyarakat. Bupati Suwirta berharap awig awig yang sudah disusun berdasarkan kebutuhan dan kondisi yang ada di Desa Adat Kutapang dan sesuai dengan Implentasi Ajaran Tri Hita Karana Dalam Kehidupan seperti Parahyangan, Pawongan, dan Palemahan.

Lebih lanjut, terkait dengan pengolahan sampah, maka krama wajib mengolah dan memilah sampahnya masing-masing dan bersama-sama menjaga kebersihan. Dirinya juga mengingatkan, perbekel dan bendesa harus selalu bekerja sama, masing-masing tidak boleh merasa paling hebat.

“Apapun aturannya, apapun isinya, intinya adalah masyarakat yang melaksanakannya. Turunkan harga diri, berikan contoh yang baik untuk melaksanakan awig awig ini,” ujar Bupati Suwirta

Sementara Bendesa Adat Kutapang, I Made Sinta mengatakan, Desa Adat Kutapang dari dulu sudah memiliki awig-awig yang tertulis, namun seiring dengan perkembangan pariwisata di Nusa Pinda dan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat Di Bali maka awig-awig ini direvisi karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan yang sekarang.

“Isi awig-awig yang dulu sudah tidak sesuai dengan perkembangan di desa adat Batumulapan yang sekarang. Maka dengan itu, awig awig ini direvisi lagi,” ujar Made Sinta

Selain itu, Made Sinta juga mengucapakan terima kasih kepada Tim Penyusun dan Tim Penulis Awig-awig. Jelas dia, berkat kerjasama seluruh tim, revisi awig awig Desa Adat Kutapang sudah berjalan dengan lancar. Menurutnya, keberadaan awig-awig ini akan sangat membantu membimbing warga dalam berperilaku untuk menjaga kelestarian adat dan budaya seiring dengan perkembangan pariwisata yang ada di Nusa Penida. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *